Tahun 1951 merupakan tahun dimana masih belum begitu banyak sekolah yang memiliki ciri khas dalam pengajarannya, mengingat pada masa itu Republik Indonesia masih dalam masa konsolidasi. Hal ini agaknya mengetuk hati tiga orang tokoh Kristen di Semarang untuk dapat mendirikan sebuah yayasan yang mengelola sekolah-sekolah dasar dan sekolah-sekolah menengah dengan berdasar dan berciri khas ajaran Kristen.

Liem Hwaij Gie (Yahya Hadinoto), Yap Hwat Ling dan Gan Hok Gwan (Yahya S. Gani) membentuk suatu panitia yang diberi nama "Panitia Penyelenggara Pendirian Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa" yang tujuannya adalah merealisasikan pendirian Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa.

Setelah rapat dan diskusi yang cukup panjang, pada tanggal 15 November 1951 didirikanlah sebuah yayasan dengan nama Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa Semarang yang dikukuhkan di hadapan notaris Tan A Sioe dengan akte notaris no. 53 tertanggal 15 November 1951.

Pada saat itulah dibentuk kepengurusan yang pertama untuk periode 1951 - 1954 yang terdiri dari :

Ketua

:

Liem Hwaij Gie (Yahya Hadinoto)

Penulis

:

Gan Hok Gwan (Yahya S. Gani)

Bendahara

:

Yap Hwat Ling

Komisaris

:

Liem Bik San

 

 

Liem Hong Gwan

 

 

Tan Sien Kie

Dengan terbentuknya susunan pengurus tersebut, maka mulailah yayasan melangkahkan kaki dan menggerakkan tangan untuk bekerja. Sebagai langkah awal, yayasan menjalin kerjasama dengan Vereniging School met de Bijbel yang pada masa itu telah mengelola sekolah-sekolah Kristen di Semarang dan sekitarnya. Pada masa itu pengurus Verenigning School met den Bijbel adalah Mr. K.M Fernhout, Y.C v.d. Waals, Liem Wie Tjhoen dan Ds. Y.M Vlijm.

Sekolah-sekolah yang berhasil didirikan dan dikelola oleh Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa adalah :

  1. SD Kristen 1 (dahulu bernama Sekolah Rakyat Masehi Jomblang) berlokasi di Jl. Mataram 719 Semarang

  2. SD Kristen 2 (dahulu bernama Sekolah Rakyat Kristen Tionghoa) berlokasi di Jl. Dr. Cipto 109 Semarang

  3. SMP Masehi 2 berlokasi di Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang.

Pada masa kepengurusan yayasan periode 1954 -1965 tercata peristiwa yang penting, yakni pada tanggal 28 Mei 1959 terjadi perubahan nama yayasan dari Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa menjadi Yayasan Sekolah Kristen Indonesia dengan akte notaris Tan A Sioe no. 90 tertanggal 28 Mei 1959.

Dengan pertolongan Tuhan, YSKI terus berkembang hingga saat ini sampai memiliki 5 unit sekolah :

No Nama Sekolah Alamat
1 TK / SD Kristen 1 Jl. Kompol Maksum 280 Semarang
2 TK / SD Kristen 2 Jl. Dr. Cipto 109 Semarang
3 TK / SD Kristen 3 Jl. Tanjung 14 Semarang
4 SMP Kristen Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang
5 SMA Kristen Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang

Selamat Datang di YSKI

Berdiri pada tahun 1951, YSKI telah berpengalaman lebih dari 6 dekade dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembinaan yang berkarakter dan berkualitas. Seiring waktu, YSKI berkotmitmen dan berdedikasi untuk terus mengikuti perkembangan jaman dan memperbaharui diri guna memajukan dan memberikan layanan terbaik dalam dunia pendidikan. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai S-P-E-C-I-A-L (Spiritual, Passionate, Enthusiastic, Caring, Integrity, Adaptive dan Leader), YSKI terus berusaha mewujudkan visi menjadi Lembaga pendidikan Kristen terbaik untuk membentuk manusia yang memiliki tinggi : iman, ilmu dan moral

YSKI (Yayasan Sekolah Kristen Indonesia) adalah sebuah Yayasan Kristen yang menaungi delapan unit sekolah swasta

Lihat Selengkapnya

Visi dan Misi

Menjadi Lembaga pendidikan Kristen terbaik untuk membentuk manusia yang memiliki tinggi : iman, ilmu dan moral

Melaksanakan Pendidikan Nasional sesuai dengan ketentuan Undang – Undang Pendidikan Nasional, meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan kerohanian civitas akademika sesuai nilai – nilai Kristen, mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang terbaik dalam mendukung proses pembelajaran, menumbuh kembangkan peran serta berbagai sumber daya stakeholder dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan sekolah seazas