Sejarah YSKI

BERDIRINYA YAYASAN SEKOLAH KRISTEN INDONESIA (YSKI)

Tahun 1951 adalah tahun dimana masih belum begitu banyak sekolah-sekolah yang memiliki ciri khas dalam pengajarannya. Apalagi pada masa itu Republik Indonesia masih dalam masa konsolidasi, mengingat usianya masih muda. Hal itu agaknya telah mengetuk tiga orang tokoh Kristen di Semarang untuk dapat mendirikan sebuah Yayasan yang mengelola Sekolah-sekolah Dasar serta Sekolah-sekolah Menengah dengan berdasar dan berciri khas agama Kristen.

Liem Hwaij Gie (Yahya Hadinoto), Yap Hwat Ling dan Gan Hok Gwan (Yahya S. Gani), adalah tiga tokoh Kristen dari GKI Karangsaru yang mula-mula terketuk hatinya dan kemudian membentuk suatu panitia yang diberi nama "Panitia Penyelenggara Pendirian Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa".

Rapat demi spat untuk menggodog rencana tersebut akhirnya menjadi mantap dan pada tgl. 15 Nopember 1951 didirikanlah sebuah Yayasan dengan nama "Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa Semarang" yang dikukuhkan di depan Notaris Tan A Sioe dengan Akte Notaris No. 53 tertanggal 15 Nopember 1951.

 

PENGURUS YAYASAN YANG PERTAMA

Sebagaimana lazimnya sebuah organisasi, maka oleh Panitia Penyelenggara Pendirian Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa disusunlah kepengurusan Yayasan periode 1951-1954 sebagai berikut : Ketua :Liem Hwaij Gie (Yahya Hadinoto)

Penulis :Gan Hok Gwan (Yahya S. Gani)

Bendahara:Yap Hwat Ling

Komisaris:Liem Bik San

Liem Hong Gwan

Tan Sien Kie

Dengan terbentuknya susunan pengurus tersebut, maka mulailah Yayasan melangkahkan kaki dan mehggerakkan tangan untuk bekerja. Sebagai-langkah pertama adalah menjalin kerjasama dengan Vereniging School met de Bijbel yang pada masa itu telah mengelola sekolah - sekolah Kristen di Semarang dan sekitarnya. Sedangkan personalia pengurus Vereniging School met den Bijbel pada waktu itu adalah

- Mr. K.M. Fernhout

- Y.C. v.d. Waals.

- Liem Wie Tjhoen

- Ds.Y.M. Vlijm

 

MENDIRIKAN SEKOLAH

Panitia yang telah berhasil mendirikan Yayasan dan menjalin kerjasama tersebut secara bertahap mulai dapat mendirikan sekolah.

Sekolah - sekolah yang berhasil didirikan dan dikelola oleh Yayasan Sekolah Kristen Tiong Hoa tersebut diantaranya :

  1. SD Kristen 1 (d/h bernama SR Masehi Jomblang) berlokasi di JI. Mataram 719 Semarang.
  2. SD Kristen 2 (d/h bernama SR Kristen Tionghoa) berlokasi di JI. Dr. Cipto 109 Semarang.
  3. SMP Masehi 2 berlokasi di JI. Sidodadi Timur 23 Semarang.

Sekolah-sekolah inilah yang merupakan cikal bakal dan pondasi bagi Yayasan Sekolah KristenTionghoa untuk lebih menapakkan kaki di dunia pendidikan.

Pada masa bakti pengurus Yayasan periode 1954 - 1965 ini tercatat peristiwa penting dalam sejarahnya, yakni pada tanggal 28 Mei 1959 nama Yayasan dirubah, yakni dari Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa diganti menjadi Yayasan Sekolah Kristen Indonesia dengan akte Notaris Tan A Sioe No. 90 tertanggal 28 Mei 1959.

YSKI terus bekembang hingga saat ini mempunyai 5 Unit sekolah :

 

NO.

 NAMA SEKOLAH

   ALAMAT

1.

TK/SD KRISTEN I

JI. Kompol Maksum 280 Semarang 

2.

TK/SD KRISTEN 2

JI. Dr. Cipto 109 Semarang

3.

TK/SD KRISTEN 3

Jl. Tanjung 14 Semarang 

4.

SMP KRISTEN

JI. Sidodadi Timur 23 

6.

SMA KRISTEN

JI. Sidodadi Timur 23 

Copyright © 2014 YSKI Semarang. All Rights Reserved.